Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata PKI Pernah Jadi Partai Terkuat Di Sumatera Barat

dari kiri ke kanan, adalah: Arif Fadillah (baju putih), Natar Zainuddin, Ahmad Khatib Dt. Batuah (tanda x) dan A.Wahab (baju putih). (Foto: Suryadi)

PERISTIWA - KABAR BATUAH - Partai Komunis Indonesia (PKI) sempat memiliki basis kuat di Sumatra Barat pada tahun 1950-an dan 1960-an. Pada masa itu, PKI mendirikan organisasi-organisasi massa seperti Serikat Tani Indonesia (STI), Serikat Buruh Indonesia (SBI), dan Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani) yang aktif di Sumatra Barat.

Menurut dosen dan peneliti dari Universitas Leiden, Suryadi Sunuri salah satu tokoh komunis yakni Dt. Batuah adalah pembawa paham komunisme ke dalam kampung Sumatera Thawalib, Padang Panjang.

Pada Pemilihan Umum tahun 1955, PKI berhasil meraih suara terbanyak di Sumatra Barat dan mendapatkan tiga kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Namun, pada Pemilihan Umum tahun 1957, PKI hanya berhasil meraih satu kursi di DPRD Sumatra Barat.

Setelah G-30-S/PKI pada tahun 1965, PKI dinyatakan sebagai organisasi terlarang dan banyak anggota PKI di Sumatra Barat yang ditangkap, dijatuhi hukuman mati, atau dipenjara. Banyak petinggi PKI di Sumatra Barat yang turut dihukum, termasuk M. Natsir, seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang juga merupakan ketua PKI Sumatra Barat pada masa itu.

Sejak itu, PKI tidak lagi memiliki kekuatan yang signifikan di Sumatra Barat maupun di Indonesia secara umum. Meskipun demikian, sejarah PKI di Sumatra Barat tetap menjadi bagian penting dalam sejarah politik Indonesia.

Posting Komentar untuk "Ternyata PKI Pernah Jadi Partai Terkuat Di Sumatera Barat"