Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyak yang Tak Sadar, CCTV Google Intai Kegiatan Kita 24 Jam

FILE PHOTO: A logo is pictured at Google's European Engineering Center in Zurich, Switzerland July 19,  2018   REUTERS/Arnd Wiegmann/File Photo

Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann

KabarBatuah.com, Teknologi

 - Layanan dan produk Google ternyata bisa mengintai para penggunanya. Seluruh aktivitas mereka secara online dilihat oleh perusahaan tersebut.

Penyebabnya adalah Google dapat melakukan pelacakan, dan ini masih terjadi saat riwayat lokasi dimatikan. Ini membuat ada fenomena iklan produk di dunia maya tidak lama setelah dibicarakan.

Jika kamu enggan diintai aktivitasnya, ada cara untuk menghentikan praktik ini. Berikut langkahnya, dikutip Cnet, Selasa (7/12/2021):

1. Buka web Google.com dari browser di desktop atau mobile.

2. Masuk ke akun Google.

3. Pilih opsi Manage your Google Account, dan di menu Privacy & Personalization, pilih Manage your Data & Personalization.

4. Scrolling ke bawah ada menu Activity Control dan berikutnya pilih Manage your Activity Controls.

5. Akan terlihat boks Web & App Activity, geser toggle untuk mematikannya.

6. Berikutnya akan ada pemberitahuan untuk memastikan kamu paham yang dilakukan dengan mematikan pengaturan. Selanjutnya ketuk Pause.

Sebagai catatan, jika kamu menonaktifkan fitur maka iklan yang hadir akan kurang relevan. Rekomendasi penelusuran juga kurang bermanfaat dan pengalaman personal pengguna juga menghilang.

Tapi jika kamu adalah orang yang memprioritaskan privasi, cara ini bisa sangat menguntungkan. Serta sepadan dengan kehilangan kemampuan tersebut.

Perlu diingat juga, saat pelacakan dimatikan kamu tidak akan kehilangan data yang tersimpan. Begitupun dengan Google tidak akan menyimpan informasi seperti lokasi di masa depan, namun data yang telah perusahaan tersimpan juga tidak akan terhapus.

Posting Komentar untuk "Banyak yang Tak Sadar, CCTV Google Intai Kegiatan Kita 24 Jam"