Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warga Dihebohkan Dengan Temuan Wajan Raksasa

 

Wajan raksasa yang ditemukan oleh warga di Jambidan Yogyakarta

Yogyakarta, KabarBatuah.com - Warga Pedukuhan Kretek, Kelurahan Jambidan, Kepawon Banguntapan, Yogyakarta dihebohkan penemuan benda asing seperti wajan raksasa. Benda itu ditemukan oleh pilot ekskavator yang sedang menggali tanah pada Selasa (31/8/2021) sore hari.

Warga yang mendengar kabar ada penemuan wajan raksasa tersebut banyak yang berbondong-bondong datang untuk melihat temuan tersebut sekedar untuk berswafoto, kemudian banyak juga masyarakat yang mengupload fotonya di akun medsos dan bahkan dijadikan konten youtube.

Dari pantauan koresponden media Kabar Buatah hingga pada Minggu (5/9) masih banyak warga yang berkerumun untuk sekedar melihat sampai berfoto ria. Mereka rata-rata datang bersama dengan keluarga atau kawan gengnya.

Menurut Sri Mulyadi petugas pilot ekskavator mengatakan penggalian tanah tersebut untuk pekerjaan pembuatan lapangan, ketika dirinya menggali sampai kedalaman sekitar 3 meter tiba-tiba ada benda asing yang sangat keras. Karena penasaran Mulyadi pun akhirnya melihat lebih detail dan digali lebih lanjut dengan hati-hati. Ternyata benda tersebut adalah wajan raksasa, karena saking besarnya dan tidak mungkin diangkat dengan tenaga manusia akhirnya benda tersebut diangkat menggunakan ekskavator.

Menurut lurah Jambidan, Subaidi dulu sekitar tahun 70-an tempat itu merupakan area penampungan air untuk irigasi, karena proyek irigasi tersebut mangkrak akhirnya warga mengabaikan tempat itu dan dijadikan kebun atau sawah sehingga wajan yang berfungsi sebagai penampung air pun tertimbun tanah. Wajan tersebut akan dirawat dan dijadikan pajangan di area tersebut.

“dulu memang tempat itu sekitar tahun 70-an merupakan area penampuangan air untuk saluran irigasi, karena irigasi tersebut mangkrak akhirnya dijadikan kebun dan persawahan oleh masyarakat sekitar dan wajan sebagai penampung air terpendam oleh tanah” ungkap Subaidi.

Wajan tersebut terbuat dari logam tembaga berdiameter 2.5 meter dan tinggi 1 meter. Perlu diadakan penelitian lebih lanjut lagi oleh tim ahli hasil temuan wajan tersebut untuk memastikan informasi yang lebih pasti dan lengkap. (chuper)

Posting Komentar untuk "Warga Dihebohkan Dengan Temuan Wajan Raksasa"