Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERTAMA DI DUNIA, INDONESIA SUKSES TERBANGKAN PESAWAT CN-235 DARI AVTUR SAWIT

 

Pesawat CN-235 diterbangkan dengan minyak sawit atau coconut oil palm
Pesawat CN-235 dan Sawit

Nasional, KabarBatuah.com - Indonesia kembali berhasil uji terbang cn-235 menggunakan bahan bakar minyak sawit bioavtur J2 sukses dilakoni di langit Sukabumi Pada Kamis (9/92021).

Tidak ada kendala pada kinerja mesin pesawat uji terbang berjalan lancar dan hasilnya sesuai dengan prediksi, tidak ada abnormality maupun degradasi kinerja engine

Kata Kepala Divisi pusat uji terbang PT Dirgantara Indonesia Yustinus Kuswardana

bahan bakar bio aktor 2,4 merupakan bahan bakar campuran di waktu yang dihasilkan dari bahan baku 2,4 persen minyak inti sawit atau revinet coconut degummed palm oil dengan menggunakan katalis ini adalah produk hasil kerjasama antara Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan PT. Pertamina Persero

lebih lanjut Yustinus menjelaskan saat uji terbang ada beberapa hal yang diuji dan menunjukkan hasil yang cukup baik, pengujian engine starting saat on gram dengan variasi temperatur maupun saat terbang.

pengujian juga dilakukan pada performa dan karakteristik engine pada berbagai setting engine power, dari Idol sampai maximum power. Ini dilakukan pada dua ketinggian terbang juga dilakukan uji pada karakteristik engine pada saat akselerasi maupun deakselerasi, juga dilakukan pada dua ketinggian. Walaupun menggunakan bahan bakar campuran minyak sawit namun selama ujicoba semua parameter engine menunjukkan kinerja dan respon engine yang normal, Uji terbang terlaksana tuntas sesuai rencana.” lanjut Yustinus.

Kendati begitu terkuak efisiensi bahan bakar tidak teramati oleh flight route. Angka yang akurat masih dievaluasi lebih lanjut melalui analisa data uji.

Sebelumnya tim telah melakukan uji coba di ground pada pesawat cn-235 hingga 220 Flying testbed FPB pada Senin, 6 September 2021. Adapun ground test telah dilaksanakan selama 20 menit dengan hasil yang bagus. (chuper)

Betita ini telah tayang di chanel Youtube Muda Milenial 



Posting Komentar untuk "PERTAMA DI DUNIA, INDONESIA SUKSES TERBANGKAN PESAWAT CN-235 DARI AVTUR SAWIT"