Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AKHIRNYA JOKOWI TUNJUK TRI RISMAHARINI JADI GEBENUR DKI, SIAPA YANG UNGGUL

Tri Rismaharani Walikota Surabaya
Tri Rismaharani Menteri Sosial
Politik, KabarBatuah.com - Risma, Anis, Riza berpotensi bersaing di Pilkada DKI 2024. Survei Jakarta Research Center (JRC) menyebutkan Putri social Tri Rismaharini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakil Gubernur Ahmad Riza Patria berpotensi bersaing pada pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2024.

Direktur Komunikasi JRC Alfian P. di Jakarta menyebutkan Risma memiliki elektabilitas sebesar 35,5 persen, Anies Baswedan mencapai 28 persen disusul Ahmad Riza Patria atau Ariza sekitar 10,5 persen.

Kandidat Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta
Kandidat Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta
Alfian mengungkapkan Ariza berpotensi pesaing berat untuk Risma dan Anis, karena elektabilitas politisi Gerindra itu hanya 2,8 persen pada April 2021, Namun mampu menyodok menjadi 10,6 persen atau posisi tiga besar pada September 2021.

Alfian menyebutkan Lima Besar nama yang masuk bakal calon kuat pada Pilkada DKI 2012 4 hanya arrhiza yang mengalami lonjakan elektabilitas yang signifikan sedangkan Risma dan Anis meskipun berada pada posisi dua besar namun elektabilitas keduanya menurun yakni Risma dari 37 persen menjadi 35 persen dan Anis 32 persen merosot dibawah 30 persen.

Selain tiga nama itu ketua umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menduduki posisi keempat dengan elektabilitas turun dari 7,8 persen menjadi 5,6 persen, sedangkan Menteri Pariwisata sandiaga Uno menduduki posisi ke-5 juga turun dari 4,9 persen menjadi tiga persen.

Alfian menyatakan lima nama calon berusaha yang kuat itu memiliki latar belakang di kepala daerah namun Ariza unggul sebagai ketua DPD Gerindra DKI Jakarta.

Alfian mengatakan Ariza menjadi figur yang patut iperhitungkan untuk memimpin Jakarta ke depan karena tampil lebih elegan dalam komunikasi politik dengan selalu hadir pada rapat bersama DPRD.

Namun ada calon lain yang masuk dalam bursa calon Gubernur DKI Jakarta. Yakni politisi muda partai solidaritas Indonesia Samara Amani 1,8 persen, Walikota Solo Gibran rakabuming Raka 1,5 persen, Walikota Bogor Bima Arya 1,3 persen dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar 1,3 persen.

JRC menggelar survei secara tatap muka kepada 800 responden mewakili seluruh wilayah DKI Jakarta dengan metode survey multistage random sampling memiliki margin of error sebesar 3,4 persen dan tingkat kepercayaan 95% pada 7 Hingga 14 Sep 2012.

Pemilihan kepala serentak dijadwalkan berlangsung pada 2024 tetapi tahapan dan Penjaringan bakal calon kepala daerah dimulai Jauh sebelum itu. Partai-partai politik telah memunculkan sejumlah nama yang potensial untuk diusung dalam Pilkada.


Posting Komentar untuk "AKHIRNYA JOKOWI TUNJUK TRI RISMAHARINI JADI GEBENUR DKI, SIAPA YANG UNGGUL"