Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fakta Fenomena Di Benuna Antartika Yang Harus Diketahui Sebelum Berkemas

 

lapisan ozon diatas antartika menyusut
Antartika

KabarBatuah.com, Pengetahuan - Benua Antartika dikenal sebagai tempat terdingin di Bumi. Siapa sangka benua ini punya fakta-fakta menakjubkan. Benua yang letaknya di Kutub Selatan tersebut memiliki wilayah seluas 14 juta Km berupa lapisan es. Ada fakta yang sangat menarik yang perlu Anda ketahui dibalik kedinginan Benua Antartika. Kira-kira apa yang bisa kita ketahui dari fakta Benua Antartika?

Berikut kami sajikan 10 fakta yang patut Anda ketahui.

 1.   Antartika Pernah Sehangat Melbourne

Ini terjadi sekitar 40 hingga 50 juta tahun yang lalu. Suhunya mencapai 17 derajat celcius. Para peneliti juga menemukan fosil yang menunjukkan Antartika pernah ditutupi hutan hijau dan dihuni oleh dinosaurus.

2.   Antartika Sebenarnya adalah Gurun

Bisa dikatakan gurun ketika daerah tersebut sedikit menerima curah hujan. Di Kutub Selatan rata-rata curah hujan tahunan hanya 10 mm selama 30 tahun terakhir. Secara teknis gurun tidak harus panas atau berpasir, karena rendahnya curah hujan tersebut maka menjadikan Antartika sebagai gurun kutub. 

3.   Tempat Air Tawar Terbesar di Dunia 

Air tawar yang berada di Antartika sebanyak 60-90 persen air tawar dunia yan terkunci di dalam lapisan es. Lapisan es Benua Antartika merupakan lapisan es terbesar di Bumi, permukaan laut globar akan naik 60 meter jika seluruh lapisan Antartika mencair 

4.   Tidak Ada Zona Waktu di Antartika 

Lupakan Zona Waktu jika berada di Benua Antartika, tetap pakai zona waktu Negaramu karena garis bujur yang memberi zona waktu seluruh dunia bertemu dalam satu titik di sana.

Para ilmuwan yang bekerja di Antartika, umumnya tinggal di zona waktu negara tempat mereka berangkat. 

5.   Semua Jalan adalah Utara

Jika Anda berdiri di Kutub Selatan, berarti Anda berada di titik paling selatan di Bumi. Ke mana pun Anda melihat, Anda akan melihat utara. 

6.   Daerah yang Paling Cepat Panas di Bumi

Karena dalam 50 tahun terakhir suhu rata-rata di semenanjung Antartika telah meningkat 3 derajat celcius atau 5 kali lipat dari rata-rata peningkatan panas di Bumi. 

7.   Air Terjun Darah 

Air yang berwana merah mencolok mengalir dari dalam gletser yang berasal dari danau Subglasial diberi nama Air Terjun Darah atau Blood Waterfall. Fenoma ini terjadi akibat air danau yang tinggi garam bertemu dengan besi yang teroksidasi, sehingga ketika bertemu dengan oksigen besi menjadi berkarat sehingga warna air akan jadi warna merah mencolok. 

Glaitser blood waterfall
Air terjun darah di Antartika
8.   Debu Berlian di Udara 

Keajaiban meteorologi terjadi di Antartika, salah satunya adalah debu berlian, debu berlian tersebut berasal dari kristal es yang mengendap di udara lembab yang berterbangan di dekat permukaan bumi di Antartika 

9.   Gunung Berapi Yang Aktif 

Terdapat dua gunung berapi yang aktif di Antartika. Gunung tersebut adalah Gunung Erebus dan gunung berapi di Decepticon Island, sebuah kaldera vulkanik di Kepulauan Shetland Selatan 

10.  Perjanjian Antartika 

Banyak negara yang mengklaim Benua Antartika adalah bagian dari mereka ketika pertama kali ditemukan pada tahun 1820 karena benua tersebut tanpa penduduk. Akhirnya disepakati pada Bulan Desember 1959 disepakati resolusi damai sebanyak 12 negara menandatangani Perjanjian Antartika yang mengatur benua itu untuk perdamaian dan penelitian ilmu pengetahuan. Sejak itu terdapat 41 negara ikut menandatangani perjanjian Antartika dan berpartisipasi dipertemuan tahunan. (Tuah Dedew)

 

 

 

Posting Komentar untuk "10 Fakta Fenomena Di Benuna Antartika Yang Harus Diketahui Sebelum Berkemas"