Anda mau buka usaha, tapi modalnya sangat minim? Apa yang akan Anda lakukan? Beberapa orang mungkin akan menyerah dan tidak jadi berbisnis, tapi mereka yang punya jiwa entrepreneur pasti berusaha keras untuk membangun bisnisnya walaupun modalnya minim. Nah, thread saya ini ingin membahas beberapa jenis usaha rumahan yang bisa sukses walau dengan modal kecil.


Modal yang saya maksud disini adalah modal materiil dan modal non materiil, utamanya modal materiil. Kalau modal non materiil adalah niat dari diri kita sendiri, keahlian, dan lain-lain. Kedua modal ini memang harus ada jika kita mau berhasil di bisnis apapun. Modal keahlian dan niat kalau tanpa modal materiil, rasanya akan sangat sulit berkembang. Ok, berikut ini adalah beberapa usaha rumahan yang bisa sukses dengan modal kecil.


1. Membuka Usaha Makanan Ringan


Ada banyak jenis usaha makanan ringan yang bisa kita temukan di sekitar kita. Misalnya aneka jajanan gorengan, martabak, kue kering, dan masih banyak lagi. Salah satu usaha rumahan yang menurut saya cukup berhasil adalah usaha gorengan.


Usaha gorengan mungkin terlihat sepele bagi sebagian orang, dan mungkin kebanyakan dari kita tidak mau menjalankan usaha ini. Saya punya seorang kenalan yang punya usaha berjualan gorengan tahu pedas. Dia membuat brand usahanya tersebut dengan Tahu Jeletot Taisi. Awalnya saya menganggap bisnisnya ini bisnis ecek-ecek karena .... jualan tahu gitu loh.


Ternyata ini bukan sembarang bisnis, dia berhasil mengembangkan usahanya dengan sistem waralaba. Saat ini dia punya mitra sekitar 60an. Penghasilannya dalam sebulan ngalahin gaji pakerja kantoran level manager. Ternyata duit penjual tahu goreng lebih banyak dari manager di kantor gan.


2. Buka Usaha Angkringan Nasi Kucing


Nah ini dia satu lagi bisnis yang sering dianggap sepele sama banyak orang... jualan nasi kucing kog kayanya ga keren ya. Kalau belum tahu apa itu nasi kucing, monggo di search dulu di Google ya. Saya pribadi orangnya agak gengsi kalau jualan nasi kucing yang pake grobakan gitu. Saya juga punya kenalan yang punya usaha angkrinan nasi kucing lho.


Yang satu ini penghasilannya per bulannya lebih gila lagi gan. Kenalan saya itu punya beberapa property (rumah dan mobil) yang didapatkan dari hasil usaha angkringan nasi kucing miliknya. Sama seperti yang nomor 1, dia mengembangkan bisnis angkringannya dengan sistem waralaba. Saat ini mitranya sudah ada 40 lebih dan akan terus bertambah. Ada yang minat bisnis angkringan nasi kucing?


3. Bisnis Dropship


Ini adalah salah satu jenis bisnis online yang bisa dijalankan dengan modal kecil, walaupun modalnya kecil potensi keuntungannya sangat menjanjikan. Bagi Anda yang belum tahu apa itu bisnis dropship, silahkan baca ulasannya di blog saya, di SINI.


Saya sudah menjalankan bisnis ini sejak setahun yang lalu, dan memang keuntungannya sangat menjanjikan. Untuk menjalankan bisnis ini kita tidak perlu punya barang, tidak perlu mengirim barang, dan tidak perlu menyetok barang. Semua keribetan itu ditangani sepenuhnya oleh pihak suplier. Tugas utama kita adalah mempromosikan produk, baik itu melalui toko online kita, ataupun melalui media sosial. Pembeli kemudian akan transfer untuk pembayaran ke rekening kita, lalu kita hubungi suplier dan transfer biaya pembelian produk dan ongkos kirim, selanjutnya akan diproses oleh pihak suplier.


Namun, ada kekurangan bisnis dropship ini. Jika pembeli menerima barang yang rusak atau terlambat dalam pengiriman, maka kita yang akan dikomplain. Karena itu, kita harus hati-hati memilih suplier. Pilihlah suplier yang memang sudah punya reputasi baik dan sudah cukup terkenal.


Sebenarnya masih ada beberapa jenis bisnis rumahan yang bisa sukses dengan modal kecil. Namun, saya hanya menulis beberapa jenis bisnis yang pernah saya amati langsung. Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah ada jenis bisnis rumahan lainnya yang menurut Anda lebih menarik dan menguntungkan?